Kamis, 21 Desember 2017

Kualitas Dan Keunggulan Kayu Jati

Kualitas Dan Keunggulan Kayu Jati

1.Kayu dengan Keawetan dan kekuatan kelas 1 dan 2 

 

Kayu jati adalah kayu yang sering kita anggap sebagai kayu dengan serat dan tekstur paling indah. Karakteristiknya yang stabil, kuat dan tahan lama membuat kayu ini menjadi pilihan utama sebagai material bahan bangunan ataupun pembuatan bahan mebel. Termasuk kayu dengan Kelas Awet I, II dan Kelas Kuat I, II. Kayu jati juga terbukti tahan terhadap jamur, rayap dan serangga lainnya karena kandungan minyak di dalam kayu itu sendiri. Tidak ada kayu lain yang memberikan kualitas dan penampilan sebanding dengan kayu jati. Harga kayu jati banyak dipengaruhi dari asal, ukuran dan kriteria batasan kualitas kayu yang ditoleransi, seperti: ada mata sehat, ada mata mati, ada doreng, ada putih. Penentuan kualitas kayu jati yang diinginkan seharusnya mempertimbangkan type aplikasi finishing yang dipilih.
2.Kayu jati tahan terhadap cuaca

Kayu Jati juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan perubahan suhu.Memiliki warna dan serat dan tekstur yang unik dan bagus sehingga tampak menarik pada pengaplikasiannya Dengan karakteristik khusus yang dimiliki kayu jati yaitu kandungan minyak pada kayu Jati membuat kekuatan Jati lebih baik dari jenis kayu yang lain. Kelemahan kecepatan tumbuh pohon jati relatif lambat sehingga jumlah kayu jati yang dihasilkan tidaklah banyak dan sulit di dapat.

3.Harga Kayu Jati 
 
Harga kayu jati adalah yang paling mahal dibanding kayu lainnya.Di Indonesia kayu jati hanya bisa diperoleh/dibeli dari Perum Perhutani, sebagai instansi pemerintah yang berkuasa penuh untuk perawatan dan pengawasan distribusi kayu jati di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.
3.Mudah Di Aplikasikan Menjadi Barang Berkelas Internasional

Karena kekuatan dan keindahan serat kayu.Kayu jati banyak dicari orang untuk pembuatan bangunan atau pembuatan furniture dengan kualitas internasional.Meskipun harga yang ditawarkan selangit,kayu jati tetap menjadi incaran setiap pengguna barang.Menurut kekuatan dan keawetan kayu biasanya kayu jati diolah dalam bentuk furniture isi rumah mulai dari kursi meja tamu,tempat tidur minimalis kayu jati sampai struktur bangunan rumah juga banyak yang memilih kayu jenis jati ini.
4.Kayu Jati Tidak Mudah Menyusut Dan Ngulet
Kayu jenis jati ini tidak mudah menyusut karena perubahan cuaca.

5.Memiliki Serat Yang Cantik 
Serat yang dihasilkan kayu jati pun unik makanya terkadang kayu jati ini dalam pembuatan berbagai barang furniture jati atau perbot rumah lainnya seringkali menggunakan finising natural atau klassik.Karena tak ingin kalau keindahan serat kayu tertutup oleh warna yang mencolok.

Meskipun kayu jati memiliki kualitas unggul tak menutup kemungkinan kayu jati juga memiliki berbagai kelemahan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar